Woensdag 08 Mei 2013

GERHANA MATAHARI TANGGAL 9-10 MEI 2013

Insya Allah akan Terjadi gerhana matahari cincin pada tanggal 10 mei 2013.gerhana dapat di lihat dari wilayah indonesia berupa gerhana matahari sebagian.
gerhana mulai :04.25.1 wib.
gerhana cincin :06.32.6 wib.
puncak gerhana :07.19.6 wib.
gerhana berakhir:10.25.3 wib.
gerhana dapat di lihat di australia, singapura, Philiphina  bagian selatan.

Gerhana Matahari Cincin tersebut dapat diamati dari Samudra Pasifik, Australia, Singapura, Indonesia (kecuali Sumatera bagian Utara), dan Filipina bagian Selatan.
Wilayah Australia dan Samudera Pasifik akan mengalami Gerhana Matahari Cincin. Sementara di Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara, akan berupa Gerhana Matahari Sebagian (GMS) pada 10 Mei 2013 yang dapat disaksikan pada pagi hari.
BMKG juga menjelaskan, untuk setiap fase di setiap lokasi bisa berbeda dengan waktu-waktu tersebut. Hal itu tergantung pada posisi lokasi pengamat di permukaan Bumi dan posisi Bulan dan Matahari nisbi terhadap posisi pengamat.
Di Indonesia, gerhana mulai dapat terlihat di Kupang, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Merauke dan Jayapura. Selain Kupang dan Manado, masyarakat di enam daerah lainnya beruntung bisa menyaksikan puncak gerhana hingga gerhana berakhir.
Puncak gerhana juga bisa di Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kupang, Manado, Kendari, Palu, Makassar.
Sedangkan gerhana berakhir bisa dilihat dari Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Kupang, Manado, Kendari, Palu, dan Makassar.
Gerhana Matahari adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bulan, sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, Bumi dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.
Pada 2013 ini, BMKG telah diprediksikan terjadi lima kali gerhana, yaitu dua kali Gerhana Matahari dan tiga kali Gerhana Bulan.
Gerhana Matahari tersebut adalah berupa Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terjadi pada 9-10 Mei 2013 dan Matahari Cincin (GMC) yang terjadi pada 3 November 2013.
Adapun Gerhana Bulan yang terjadi adalah Gerhana Bulan Sebagian yang terjadi pada 25 April 2013, Gerhana Bulan Panumbra 25 Mei 2013 dan Gerhana Bulan Penumbra yang terjadi pada 18-19 Oktober 2013

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking